Kecakapan Dasar yang Anda Perlukan

10 Kecakapan Dasar
Banyak kecakapan (keahlian atau kemampuan) yang dibutuhkan di bidang pekerjaan. Semakin besar tanggungjawab Anda semakin banyak keahlian yang Anda butuhkan. Dan seperti biasanya, keahlian tidak didapat dengan mudah. Tanpa memberikan perhatian, mempelajari dan melatihnya, keahlian tidak akan dimiliki. Dari begitu banyak keahlian, ada beberapa keahlian dasar yang sangat perlu dimiliki.
Berikut adalah lima (5) kecakapan utama yang sangat disarankan:
  1. Membaca Hampir setiap orang membaca: membaca koran, majalah, atau bacaan ringan lainnya. Yang saya maksud dengan kecakapan membaca bukan sekedar membaca, tetapi mempunyai kebiasaan membaca buku; muncul budaya baca buku seperti yang dapat kita lihat pada orang-orang dari negara maju.
  2. Menulis Hampir setiap orang yang sudah sekolah bisa menulis: menulis kata, prasa atau kalimat. Namun, kemampuan menulis dengan baik boleh dibilang langka; mengutarakan pendapat, pikiran atau pengalamannya dalam tata bahasa yang benar dan baik dan dengan susunan kata yang teratur dan menarik perlu diasah agar menjadi kebiasaan atau yang alami bagi putra-putri Indonesia untuk.
  3. Berpikir Tidak ada orang yang tidak berpikir. Sadar atau tidak, kita semua berpikir. Bahkan saat melamun pun kita tetap berpikir. Tetapi, kemampuan berpikir yang dimaksud di sini adalah kemampuan menggunakan ragam proses berpikir untuk memberikan solusi terhadap persoalan yang dihadapi. Misalnya berpikir netral, berpikir kreatif, berpikir positif, berpikir negatif, dan paling penting adalah mengambil keputusan dari apa yang dipikirkan.
  4. Berbicara Ketika bayi lahir ia dapat berbicara; hanya tidak banyak yang memahami apa yang ia katakan. Secara alami kita mempunyai kemampuan ini. Namun, kemampuan berbicara yang dimaksud di sini bukanlah sekedar berbicara, tetapi berbicara dengan seni; ada gaya tertentu ketika berbicara sesuai dengan personalitas kita masing-masing, yang diperkaya dengan teknik-teknik berbicara modern seperti yang dapat dipelajari di Pelatihan Komunikasi seperti Dale Carnegie, Toastmaster International atau yang sejenis.
  5. Berhitung Hampir semua kita mendapatkan kemampuan dasar ini di sekolah dasar bahkan sudah bisa diperoleh di taman-kanak-kanak. Yang dimaksud kemampuan berhitung adalah kemampuan menambah, mengurang, mengali, membagi, dan menggunakan rumus-rumus sederhana seperti menghitung luas lingkaran, segi tiga, segi empat dan bentuk lainnya.

Lima (5) Kecakapan Dasar Lainnya adalah .......

  1. Waktu Setiap orang mempunyai harta yang paling berharga ini. Masing-masing punya waktu 24 jam sehari, 7 hari seminggu, 365 hari satu tahun. Namun, masih sedikit yang memahami arti dan makna waktu. Yang dimaksud dengan kecakapan mengenai waktu adalah kemampuan untuk mengelola dan menggunakan waktu se-effisien mungkin dalam kehidupan sehari-hari.
  2. Musik Tidak semuanya punya bakat dan minat yang relatif besar terhadap musik. Namun, musik tidak bisa tidak ada dalam kehidupan kita. Kecakapan dasar dalam hal musik yang dimaksud adalah paling tidak, bahwa putra-putri Indonesia memiliki minat untuk mendengar 'musik-musik yang baik' misalnya menikmati musik-musik klasik.
  3. Sejarah Putra-Putri Indonesia membutuhkan pengetahuan dasar tentang sejarah republik ini dan peradaban dunia, khususnya sejarah tentang bagaimana negara-negara lain bisa maju.
  4. Filsafat Secara alami setiap orang sebenarnya mempunyai kecakapan ini; hanya kurang diasah dan belum mendapatkan pemahaman tambahan tentang apa-apa saja yang dipelajari dalam mata kuliah Filsafat. Kemampuan dasar berfilsafat dibutuhkan, khususnya kemampuan menggunakan pertanyaan-pertanyaan untuk mendapatkan pengertian yang lebih baik dari hal-hal yang kurang atau belum dimengerti.
  5. Agama Kita tinggal di negara yang kompleks, pluralis, dan dengan ragam agama: Islam, Kristen, Katolik, Hindu, Buddha dan kepercayaan-kepercayaan kecil lainnya. Kita memerlukan pengetahuan yang relatif cukup tentang keyakinan kita masing-masing dan mempunyai pengetahuan dasar tentang keyakinan lain.
Silahkan menambah kecakapan-kecakapan lain sesuai dengan tuntutan pekerjaan Anda.
Renungan:
  1. Buatlah daftar kecakapan dasar yang Anda miliki.Kecakapan yang mana Anda merasa unggul?
  2. Buat juga daftar kecakapan yang perlu Anda tingkatkan untuk mencapai sasaran hidup pribadi Anda. Buatlah rencana dan langkah-langkah yang rinci untuk meningkatkan keahlian Anda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar