KEBANGKRUTAN EKONOMI

DEFINISI PENGANGGURAN
Definisi pengangguran secara umum, yaitu seseorang yang dalam waktu tertentu tidak produktif , hal ini di sebabkan atas beberapa hal , Dari faktor individual atau pribadi hingga faktor secara universal, Seperti contoh adanya sistem sosial dan ekonomi.
FAKTOR-FAKTOR TERJADINYA PENGANGGURAN
Dalam hal ini penyebab atau faktor-faktor yang menyebabkan angka pengangguran semakin meningkat , adalah :
1.Ketidaksesuaian antara pendidikan yang sudah di apat dengan lapangan kerja yang di butuhkan.
lapangan pekerjaan yang membutuhkan tenaga kerja umumnya tidak sesuai dengan tingkat pendidikan atau ketrampilan yang dimiliki.Seperti contoh penyedia lapangan kerja yang membutuhkan pekerja yang siap pakai maksudnya sesuai dengan kebutuhan yang di minta.
2. permintaan kerja sangat sedikit dibandingkan tenaga kerja yang tersedia.
3. Kualitas sumber daya manusia yang minim.
Biasanya hal ini di sebabkan karena berbagai macam hal contoh kecilnya saja adalah masalah pendidikan,dan masalah pendidikan itu sendiri ada yang datang dari diri pribadi (internal) dan external.Masalah internal misalanya : malas, mereka yang berSDM rendah lebih memilih untuk bekerja serabutan yang tidak terikat untuk mendapatkan uang.Ada juga masalah external mahalnya biaya pendidikan, sehingga mereka yang tidak mampu tidak bisa membiayai sekolah anaknya.
DAMPAK NEGATIVE BAGI PEMERINTAH
Jika tingkat pengangguran di suatu negara relatif tinggi, hal tersebut akan menghambat pencapaian tujuan pembangunan ekonomi yang telah di rencanakan. Hal ini terjadi karena pengganguran berdampak negatif terhadap kegiatan perekonomian, Pengangguran bisa menyebabkan masyarakat tidak dapat memaksimalkan tingkat kemakmuran yang dicapainya. Hal ini terjadi karena pengangguran bisa menyebabkan pendapatan nasional riil (nyata) yang dicapai masyarakat akan lebih rendah daripada pendapatan potensial (pendapatan yang seharusnya). Oleh karena itu, kemakmuran yang dicapai oleh masyarakat pun akan lebih rendah. Pengangguran akan menyebabkan pendapatan nasional yang berasal dari sector pajak berkurang. Hal ini terjadi karena pengangguran yang tinggi akan menyebabkan kegiatan perekonomian me-nurun sehingga pendapatan masyarakat pun akan menurun. Dengan demikian, pajak yang harus dibayar dari masyarakat pun akan menurun.Jika penerimaan pajak menurun, dana untuk kegiatan ekonomi pemerintah juga akan berkurang sehingga kegiatan pembangunan pun akan terus menurun. Pengangguran tidak menggalakkan pertumbuhan ekonomi. Adanya pengangguran akan menyebabkan daya beli masyarakat akan berkurang sehingga permintaan terhadap barang-barang hasil produksi akan berkurang. Keadaan demikian tidak merangsang kalangan Investor (pengusaha) untuk melakukan perluasan atau pendirian industri baru. Dengan demikian tingkat investasi menurun sehingga pertumbuhan ekonomipun tidak akan meningkat.
SOLUSI UNTUK MENGATASI PENGANGGURAN
Untuk mengatasi pengangguran , ada beberapa cara yang harus di lakukan, yaitu :
1. Peningkatan mobilitas modal dan tenaga kerja
2. Mengadakan pelatihan tenaga kerja untuk mengisi formasi kesempatan (lowongan) kerja yang di perlukan.
3. mendirikan industri padat karya di wilayah yang mengalami pengangguran.
4. Membuka industri rumahan agar dapat menyerap banyak tenaga kerja.dll.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar