Pengaruh Pemerintah Untuk Mengatasi Kondisi Ekonomi Saat Ini

Pemerintah mempunyai pengaruh yang sangat besar bagi perekonomian suatu Negara,karena itu pemerintah di sini mempunyai beberapa strategi khusus untuk mengatasi kondisi ekonomi yang kacau belakangan ini akibat dari adanya suatu bencana alam yang terjadi pada bangsa kita , dan juga karena situasi politik yang tidak menentu dan banyaknya koruptor di negara ini , dan masih banyak lagi.
Beberapa strategi khususnya yaitu :
  • Pertama yang harus dilakukan adalah mengurangi dampak negative dari krisis ekonomi tersebut, terhadap kelompok penduduk yang berpendapatan rendah atau rentan.
  • pemulihan pembangunan ekonomi agar pertumbuhan semakin membaik.
  • memperluas lapangan kerja.
  • Membuka pelatihan khusus bagi para tenaga kerja.
  • Membuka kursus bagi pengangguran.
  • memperbaiki sistim distribusi agar berfungsi secara penuh dan efesien.
  • penghapusan berbagai praktek monopoli.
Saya mengambil contoh yang sering terlihat dalam realita yang ada yaitu soal  masalah pengangguran dan ketenaga kerjaan.
Hal ini terjadi karena, tidak seimbangnya antara ketersediaan tenaga kerja dan kesempatan kerja. Hal tersebut terjadi bukan hanya karena kesempatan kerja yang sedikit tetapi banyak orang daerah datang ke kota atau ke daerah yang lebih banyak peluang untuk seseorang mendapatkan perkerjaan.
Nah, di sini pemerintah bisa menggunakkan salah satu strategi yang tertera di atas  yaitu mengadakan pelatihan khusus bagi tenaga kerja, pelatihan tersebut sesuai dengan keahlian mereka masing-masing. Selai itu pemerintah dapat membuka atau memperluas kesempatan kerja. Contohnya seperti memperluas atau membuka industri yang membutuhkan banyak tenaga kerja.
Sedangakan untuk masalah pengangguran pemerintah bisa juga mebuka kursus bagi mereka yang pengangguran seperti contoh ibu rumah tangga yang lemah akan finansial dan tidak punya mata pencaharian  , mereka bisa mengikuti kursus menjahit dan lain sebagainya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar