http://feb.or.id/wp-content/uploads/2010/01/2137729430_11b29f9164.jpg
Setiap orang adalah pemimpin setidaknya bagi dirinya sendiri. Dalam ruang lingkup yang lebih luas, seseorang juga dapat menjadi pemimpin di organisasi atau masyarakat. Berkenaan dengan dunia kerja, perusahaan menginginkan orang yang dapat membuat perubahan. Anda tidka harus menduduki jabatan strategis untuk membuat perubahan. Yang diinginkan adalah orang yang secara aktif terlibat, memiliki ide – ide inovatif dan berusaha mewujudkannya.
Sebelumnya kita telah membicarakan mengenai pengelolaan waktu, kesehatan, dan motivasi. Ketiganya adalah pengelolaan yang berkaitan dengan diri sendiri. Semsentara, dalam kepemimpinan yang dikelola adalah orang lain yang mampu berpikir dan bertindak. Untuk itu, tentu dibutuhkan trik – trik khusus agar dapat memimpin secara efektif.
DEFINISI PEMIMPIN DAN KEPEMIMPINAN
Berbicara mengenai pemimpin, orang sering beranggapan pemimpin adalah seseorang yang memiliki jabatan tinggi. Padahal, definisi pemimpin tidaklah sesempit itu. Sebelum melangkah lebih jauh, mari kita tinjau definisi pemimpin.
-          Pemimpin Struktural (Bos)
Pemimpin struktural adalha orang yang dipilih, diseleksi dan dibayar; serta memiliki tanggung jawab dan otoritas untuk mengelola sumber daya tertentu demi mencapai tujuan yang dibebankan padanya. Jenis pemimpin ini ditentukan berdasarkan jabatannya, misalnya manajer, ketua divisi, dan sebagainya. Orang yang menjadi pemimpin structural belum tentu memiliki kualitas kepemimpinan yang baik. Walaupun jabatan memberikan sejumlah otoritas, namun kekuasaan tidak otomatis tidak menjadikan Anda seorang pemimpin. Perbedaan antara bos dan pemimpin adalah pemimpin dapat memotivasi pengikutnya mencapai tujuan tinggi dan bukan sekadar menyuruh – mrnyuruh saja.
-          Pemimpin relasional
Pemimpin relasional adalah orang yang aktif terlibat dalam timnya, memiliki ide – ide inovatif dan memiliki inisiatif untuk membuat perubahan positif.
Tentu tidak semua orang memiliki kesempatan untuk segera menjadi pemimpin structural. Akan tetapi, siapapun dapat menjadi pemimpin relasional kapan saja. Dengan aktif terlibat dan berinisiatif, kita akan mendapat perhatian lebih dan memiliki peluang untuk kelak menajdi pemimpin structural.
Sekarang, apa definisi kepemimpinan? Kepemimpinan adalah proses di mana seseorang mempengaruhi orang lain untuk meraih suatu tujuan dan mengarahkan sejumlah sumber daya untuk mencapai visi dan misi tertentu. Proses ini dilakukan dengan menerapkan atribut kepemimpinan seperti nilai, etika, karakter, pengetahuan dan keterampilan.